Mahkota Miss Indonesia Mulai Digoyang

Astrid Ellena Asal Jakarta, Tapi Mewakili Jawa Timur - Belum sebulan menyandang gelar Miss Indonesia 2011, mahkota Astrid Ellena sudah digoyang. Penunjukan Ellena sebagai wakil Jawa Timur, padahal konon dia berasal dari Jakarta, mulai dipermasalahkan. Walah...

Sematan mahkota Miss Indonesia 2011 agaknya belum bisa bikin Astrid Ellena tidur nyenyak. Pa­salnya, kemenangan yang dia raih 3 Juni lalu menyisakan polemik. Ini terkait ketidakcocokan kota kelahiran dengan daerah pemilihan Ellena.

Menurut kabar, perempuan kelahiran 8 Juni 1990 itu ternyata bukan orang Jawa Timur (Jatim), meski dia mewakili Jatim dalam ajang Miss Indonesia. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akte kelahiran Ellena katanya asli Jakarta. Benarkah?

Ayah Ellena, Yunadi Fredrich saat dimintai konfirmasi menolak dikatakan menyembunyikan identitas atau bahkan melakukan kebohongan publik. Dia beralasan, penunjukan sebagai wakil Jatim telah diarahkan dan ditentukan oleh pa­nitia penyelenggara.

“Ellena sempat ditawari menjadi wakil luar Jawa. Tapi mungkin karena dia pernah sekolah di Surabaya, kemudian mewakili Jawa Timur,” ujar Yunadi Fredrich kepada Surabaya Post, Selasa (7/6).

Ellena mengikuti audisi di Jakarta sesuai dengan KTP dan tempat kelahirannya. Namun, dia memang pernah sekolah saat TK sampai kelas 1 SMP di Cita Hati, Surabaya, sebelum kemudian pindah ke Amerika.

Tidak hanya Ellena sebenarnya yang mengalami masalah asal usul. Peserta asal Kalimantan Selatan juga dikabarkan berasal dari Sidoarjo. Begitu pula peserta asal Sumatera Utara.

“Ini tidak hanya terjadi pada Ellena saja, tapi juga pada peser ta lainnya,” tegas Yunadi yang menegaskan kalau putrinya semula tidak mengetahui kalau akan mewakili Jawa Timur.

Ellena, yang pernah tinggal di Maryland, AS sempat menyabet gelar sebagai Miss Favorit dan Miss Kulit Indah dalam ajang kecantikan yang digelar setiap tahun ini. Selain itu, dalam usia yang relatif muda tersebut, Ellena telah menguasai bahasa Inggris, Spanyol dan Mandarin.

Sejak masa karantina, Ellena memang dinilai telah mencuri perhatian sehingga masuk ke babak lima besar bersama Amanda Roberta Zevannya dari Papua Barat, Nadia Siddiqa dari Banten, Fatya Ginanjarsari dari DKI Jakarta dan Madhina Nur Muthia dari Kalimantan Tengah.

Namun di antara keempat finalis lainnya, Ellena dinilai paling menonjol dalam berbagai kuali­fikasi yang dinilai juri. Penyematan gelar untuk Ellena tergolong istimewa karena langsung dilakukan oleh Miss World 2010 Alexandria Mills bersama Miss Indonesia 2010 Asyifa Latief.

Sebelum resmi menyandang gelar sebagai Miss Indonesia 2011, gadis yang dikenal open-minded ini juga pernah meraih gelar sebagai Miss UPH (Universitas Pelita Harapan) dan Miss Photogenic UPH 2009. Prestasi yang diraihnya tersebut tidak membuat mahasiswi jurusan Hubungan Internasional UPH ini lantas berpuas diri dan terlena sehingga lengah mengejar cita-cita. Dia justru semakin bersemangat untuk meraih impiannya menjadi seorang duta bu­daya Indonesia di mata dunia. Usahanya untuk mengejar mimpi tersebut akhirnya mengantarkannya pada ajang Miss Indo nesia 2011.


TERKAIT :